Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash

Diposting pada

Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash – Apa itu Bootloop ? Sebelum Anda melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik kalau kita mengetahui apa itu yang disebut Bootloop. Bootloop adalah kejadian dimana suatu sistem operasi tidak bisa melakukan booting masuk ke menu utama (Desktop) secara berulang-ulang. Sebenarnya Bootloop ini tidak hanya terjadi pada sistem operasi Android. Pada sistem operasi lainnya seperti Windows, Linux maupun MacOS juga bisa terjadi. Hanya saja namanya bukan Bootloop.

Bootloop pada Android bisa terjadi karena banyak faktor. Seperti serangan virus, kesalahan sistem operasi (corrupt/hilang), menginstal aplikasi jebakan batman, arus listrik charger yang tidak stabil dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebelum melakukan Flashing, alangkah lebih baik kalau Agan mencoba beberapa Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash dibawah ini:

Solusi 1

Coba restart (matikan dan hidupkan kembali) Perangkat Anda. Bila masih ada keanehan alias masih Bootloop, matikan Perangkat Anda. Cabut Baterai, SIM Card dan Kartu Memori-nya. Tunggu sekitar 20 detik untuk menghabiskan sisa daya baterai pada pada perangkat Anda. Setelah itu, pasang kembali seperti semula dan hidupkan kembali perangkat Anda.

Solusi 2

Masuk ke Recovery Mode untuk melakukan Factory Reset. Berikut Cara Masuk Recovery Mode HP Android

ACER
Acer Be Touch E210 dan Acer Liquid Metal:
Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar
ADVAN
Advan T1c:
Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.
CROSS
Cross A1 Tabmate:
Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode)
Cross AD350:
Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME
Cross A6T TabMate:
Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power
CSL
Blueberry CSL Mi 410:
Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME
Blueberry CSL Mi 320:
Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan
HUAWEI
Huawei X3 dan X5:
Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power
Huawei S7:
Tekan tombol MENU + Call + Power
Ideos C8150 (AHA Touch):
Tekan tombol Call + Volume Up + Tombol Power
IMO
IMO Tab Z5:
Takan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan).
IVIO
IVIO DE88:
Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.
LG
LG L3 E400:
Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG , lepas tombol power.
Cara Hard Reset LG L3 E400:
Tekan Tombol Tengah + Volume Bawah + Tombol Power, setelah bergetar dan keluar logo LG , lepas tombol power > tunggu beberapa saat.
SAMSUNG
Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit:
Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung.
Samsung Galaxy 551:
Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.
Samsung Galaxy Pro:
Tekan tombol T + Tombol Power.
Samsung Galaxy Y (Young) GSM:Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.
Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.
Samsung Galaxy W (Wonder):Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).
Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200): Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.
Samsung Galaxy Note N7000: Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.
PERINGATAN!: Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP.
Samsung Galaxy Mini II S6500: Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.
Samsung Galaxy Chat GT-B5330: Tekan tombol Volume Down + Home + Power.
Samsung Galaxy Ace Plus: Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tsb ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jgn ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol.
SMARTFREN Andromax:
Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down. Bila sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4.
Tabulet Sparta:
Dalam keadaan perangkat terhubung dengan charger, tekan tombol Power + Volume Up + Vol Down.
TOM i20:
Tekan tombol Volume up + Power secara bersamaan
Bila kedua solusi diatas telah Anda praktekan tapi tetap saja masih Bootloop. Berarti tidak ada jalan keluar selain Flashing Ulang. Untuk lebih aman, kedepannya Backup sistem Android Agan setiap beberapa hari sekali. Tujuannya untuk lebih memudahkan dalam mengembalikan kenormalan HP Android Anda.
Demikianlah artikel untuk Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash kali ini,semoga bermanfaat.
loading...

Incoming search terms: