Cara mengatasi Smartphone Android Lemot atau Lambat

Diposting pada

Cara mengatasi Smartphone Android Lemot atau Lambat – Android lemot, seakan perihal tersebut sudah menjadi bawaan pada setiap pengguna android. Tidak semua android juga mengalami lemot atau lambatnya untuk mengakses pada suatu aplikasi. Memang, hal itu akan menjengkelkan setiap pengguna android apalagi sang pengguna android adalah seorang pebisnis yang membutuhkan kecepatan dalam bekerja pasti akan menghambat sekali tentunya. Perihal ini tentunya dapat diatasi dengan cara yang mudah serta aman. Lalu bagaimana solusi dan cara atasi android lelet loadingnya saat digunakan untuk buka aplikasi?

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatasi Android yang lemot atau lambat. Pada dasarnya sistem operasi android mobile yang selama ini banyak digunakan bisa menjadi lemot dikarenakan beberapa hal yaitu banyaknya penggunaan aplikasi, memori penuh, serta lama penggunaan hp. Seperti halnya barang elektronik lainnya, android memerlukan perawatan juga pastinya agar tidak terjadi lemot seperti manusia jika dia tidak pernah merawat diri tidak pernah menjaga kesehatan maka akan mengalami sakit dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

berikut ini kami sajikan untaian tips trik & cara mengatasi hp android lemot yang aman, mudah, dan efektif.

1. Nonaktifkan Live Wallpaper

Live wallpaper atau animasi berjalan pada desktop ini juga dapat memboroskan baterai atau melambatkan sistem operasi. Untuk menghemat baterai serta menambah kecepatan sistem operasi pada hp anda, Biasanya live wallpaper ini di non-aktifkan, caranya caranya masuk ke menu setting- display dan ganti dengan gambar statis.

2. Kurangi Widget Yang Aktif

Widget atau informasi realtime yang ada pada desktop smartphone anda ini juga dapat melambatkan sistem operasi pada android anda jika terlalu banyak yang ditampilkan. Terlalu banyak widget juga dapat mengurangi masa pemakain baterai dan mengurangi kuota android anda. Maka alangkah bainya jika anda kurangi pemakaiannya.

3. Matikan Animasi Berjalan

Salah satu indikasi android mulai lemot adalah mulai lambatnya perpindahan menu pada hp. Agar lebih cepat untuk memindah alangkah indahnya jika animasi perindahan pada hp anda dijadikan default atau di non-aktifkan. Dengan cara pergi ke menu setting – Developer options lalu seting off pada pilihan animasi yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale.

4. Seleksi Aplikasi Yang Tak Digunakan

Terlalu banyaknya aplikasi yang di download dan di install pada android anda juga dapat menyebabkan penyempitan ruang kosong pada memori RAM yang sangat berpengaruh pada kelancaran hp anda. Maka dari itu hapus aplikasi yang tak terlalu dibutuhkan dengan cara, masuk ke menu Play Store – My Apps atau melalui setting – App – All dan lakukan penghapusan. Atau dengan cara masuk setting – perangkat pilih Aplikasi – hapus aplikasi yang tak terpakai.

5. Gunakan Memori SDcard Kecepatan Tinggi

Walaupun sudah terdapat memori internal yang lumayan besar, tetapi kita masih ingin memperbanyak kapasitas dengan menambahkan micro SD pada android Anda. Namun ketahuilah ada beberapa class pada micro SD ini, yaitu class 2, 4, 6 dan 10 setiap class juga memiliki kecepatan berbeda. Jadi jika ingin menambah kecepatan mengirim pada android anda sebaiknya anda menggunakan microSD class 6 atau 10.

Jika cara mengatasi android yang lemot diatas belum memuaskan Anda juda dapat menambahkan aplikasi Cache Cleaner yang bisa didapat di Play Store. Aplikasi ini berguna untuk menghapus cookies/ jejak setelah anda menjalankan sebuah aplikasi.

Oke sampai disini dulu informasi dari kami seputar Cara mengatasi Smartphone Android Lemot atau Lambat yang disebabkan oleh berbagai masalah. Dengan adanya tips dan trik diatas diharapkan para pengguna android lebih bijak dalam menggunakan perangkatnya dan menjaga keoptimalan sistem android agar tidak menimbulkan perlambatan kinerja. Terima Kasih.

loading...

Incoming search terms: