Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root – Mungkin Anda kerap kesal karena HP Android yang Anda pakai kurang memuaskan karena kapasitas RAM yang tertanam terbilang kecil. Alhasil, bila menjalankan aplikasi atau games yang memakan RAM banyak, sering kali Force Close.

Sebelum melangkah lebih jauh. Kami beri sedikit penegasan terlebih dahulu. Yang pertama perlu Kami tegaskan bahwa notabene menambah kapasitas RAM internal Android itu tidaklah bisa. Menambah kapasitas RAM Android itu bukan berarti melakukan penggantian RAM internal yang sudah tertanam pada HP Android Anda. Kesimpulannya, jika RAM internal Android Anda misalnya sebagai contoh hanya 512MB, tidak bisa Anda minta ditingkatkan ke kapasitas 1 GB dan seterusnya.

Menambah RAM pada Android itu pada dasarnya memiliki prinsip membuat Virtual Memory (Memori Bayangan atau Semu) melalui beberapa metode seperti Swap Partition (Linux Swap), Swap File, ataupun RAM. Kegunaan dari virtual memory seperti ini adalah sebagai RAM bayangan yang dapat membantu kinerja/proses RAM internal dari foreground maupun background.

Ada 3 perbedaan metode dalam menciptakan RAM virtual (virtual memory). Yakni diantaranya :
1. Swap Partition. Yang artinya membuat virtual memory pada kartu SD Card Anda (memori eksternal). Memory eksternal Anda akan mengalami pemartisian (di partisi) ulang menjadi dua atau tiga bagian. Di partisi paling akhir memanfaatkan Linux Swap sebagai sistemnya
2. Swap File. Yang artinya membuat virtual memory yang notabene memanfaatkan file yang disimpan didalam SD Card (memori eksternal) sebagai media swap
3. ZRAM. Yang artinya membuat virtual memory dengan RAM bawaan (internal). Sebagian space (sisa penyimpanan) RAM bawaan (internal) Android akan dikompres (diperkecil) dan dimanfaatkan menjadi virtual memory. Seperti yang telah beredar. Semakin besar kapasitas ZRAM, maka semakin habis pula space (sisa penyimpanan) RAM bawaan (internal) Android Anda.

Langsung saja Kita bahas Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root

Swapper For Root

Install Swapper for Root yang berguna untuk menambah virtual memory pada HP Android Agan. Swapper for Root ini tidak memerlukan partisi yang ada pada SD Card (memori eksternal). Melainkan, aplikasi Swapper For Root ini memanfaatkan space memori eksternal untuk menyimpan swap file.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Swapper For Root :
1. Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted. Bisa dicek pakai aplikasi Root Checker. Cari di Play Store
2. Download Swapper for Root lalu langsung saja di instal. Bila Agan belum punya aplikasi Swapper For Root ini.
3. Setelah selesai seperti biasa, langsung saja buka Swapper for Root
4. Berikan tanda centang pada active swap on boot
5. Pilih SD Card FAT Partition yang ada pada Swap File Partition
Isi value sesuai kapasitas swap RAM yang Anda kehendaki (inginkan)
6. Besar kapasitas swap RAM itu tergantung dengan berapa besar free space (memori tersisa) yang ada di memori eksternal Anda lalu save
7. Tunggu hingga swap file selesai dibuat
8. Setelah Swap telah berhasil dibuat, reboot HP Android Anda supaya lebih optimal.
SD-Booster
Kegunaan aplikasi  SD-Booster ini adalah untuk menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca (read) atau menulis (write) data (R/W). Prinsipnya secara garis besar sama halnya dengan overclock yang telah dikenal sejak lama di dunia komputer. Akan tetapi, ini bukanlah CPU komputer, melainkan SD Card.
Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi SD-Booster :
1. Seperti saat di Swapper For Root. Pastikan HP Android Anda sudah di root
2. Download SD-Booster dan kemudian instal aplikasi SD-Booster seperti.
3. Buka aplikasi SD-Booster yang baru saja di instal
4. Isi cache size antara 1 sampai 8192
5. Lalu tekan gambar warna hijau
Juwe RAM Script
Berikut langkah-langkah untuk memasang Juwe RAM Script :
1. Pastikan CWM Recovery sudah di instal di HP Android Anda
2. Download Juwe RAM Script Kemudian simpan di SD Card (memori eksternal) dan taruh di bagian luar
3. Buka CWM Recovery Anda. Biasanya dengan menekan tombol Volume+ dan Power secara bersamaan saat HP Android Anda dalam keadaan dimatikan
4. Pilih Install Zip From SD Card yang ada pada CWM Recovery
5. Arahkan tujuan ke Juwe RAM Script lalu instal
Sampai disini pembahasan tentang Cara Mudah Menambah RAM Android Tanpa Root dan selamat mencoba. Semoga berhasil.!