Istilah yang Biasa Digunakan Dalam Android Development

Diposting pada

Istilah yang Biasa Digunakan Dalam Android Development – Dalam sebuah teknologi tentu banyak istilah – istilah yang mungkin asing bagi kita yang awam. Tapi meski begitu tidak salah kan klau kita tahu. Di Android juga sama, dalam Development Android juga ada beberapa istilah yang sering dipakai oleh seorang development Android dalam menamai sebuah proses atau sebuah unsur dari bagian sistem Android. Lansung saja  Istilah Android Development berikut ulasannya:

  • ROM atau FIRMWARE
FirmWare merupakan sejenis Operating System yang disimpan di ROM yang menjembatani antara device dan aplikasi – aplikasi serta user. ROM disebut juga sebagai sistem utama OS, dan firmware adalah versi dari sistem utama tersebut. Sebagai contoh, ROM Android, firmware 4.2.1. sehingga ada istilah stock rom dan Custom ROM.
  • KERNEL
Kernel, bagian dari sistem yang menangani Driver, Power Management, dll. sehingga secara tidak langsung berdampak cukup besar dengan performa HP itu sendiri. Ada banyak custom kernel yang ada, namun tidak semua custom Kernel cocok dengan custom ROM yang ada. So beware with your device.
  • ROOTING
Root adalah keadaan di mana user memiliki segala akses untuk mengatur keseluruhan dari system HP nya. Root user dapat meng-edit apapun di system. Demi keamanan, user biasa tidak memiliki semua akses di system unroot. Saat kita melakukan rooting di HP kita maka kita akan mendapatkan akses untuk membaca dan menulis di system dimana sebelumnya tidak dimiliki dan kita juga dimungkinkan untuk menjalankan beberapa perintah didalam Terminal.
  • REPARTISI
Repartisi merupakan proses partisi ulang memory internal handphone. Biasanya memory internal terbagi menjadi 2 partisi (bagian) yaitu internal storage (untuk install aplikasi) dan Built in Storage (untuk media penyimpanan file seperti foto musik dll) layaknya memory external. Repartisi bertujuan untuk memperbesar bagian internal storagenya. Intinya bikin internal storage jadi tambah besar.
  • BOOTLOOP
BootLoop sebuah kondisi dimana device mengalami gagal Booting , atau kondisi restart terus menerus (tidak bisa masuk ke OS).
  • FLASHING
Menginstall FIRMWARE /ROM pada device, biasanya dengan menggunakan tools pada komputer seperti odin atau flashtool lainnya.
  • RECOVERY
Setelah agan berkeringat karena BootLoop maka Anda sangat berharap bisa masuk recovery mode. Setiap device memiliki cara tersendiri untuk masuk recovery mode. Pada kondisi recovery mode ini agan bisa restore backup file yang sudah dibuat atau tersedia sebelumnya. Recovey Mode juga bisa untuk install berbagai script dalam bentuk file zip.
Artikel Lainnya:

Itulah yang disebut atau Istilah Dalam Android Development, semoga dengan adanya ulasan ini Anda bisa tahu atau mengerti dengan istilah Development tersebut.

loading...

Incoming search terms: